Suku Sunda di Indonesia

 



Suku Sunda di Indonesia

Suku Sunda di Indonesia

2. Suku Sunda

Suku Sunda mendiami Jawa Barat, terutama di sekitar Bandung. Mereka memiliki budaya yang kaya dan beraneka ragam.

Bahasa

Bahasa Sunda merupakan bahasa utama suku ini, yang memiliki keunikan sendiri. Meskipun banyak yang menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan resmi.

Budaya

Seni tradisional Sunda mencakup wayang golek, seni tari seperti tari Jaipong, dan musik tradisional Sunda. Wayang golek merupakan pertunjukan boneka tradisional yang mengisahkan berbagai cerita epik.

Pakaian Adat

Pakaian adat Sunda sangat beragam. Contoh terkenalnya adalah kebaya dengan corak batik khas Sunda. Pakaian adat ini biasanya dipakai pada acara pernikahan dan upacara adat lainnya.

Kuliner

Kuliner Sunda sangat terkenal di Indonesia. Beberapa hidangan khas termasuk nasi timbel, sate maranggi, sayur asem, dan kue tradisional seperti onde-onde dan colenak.

Kesenian

Seni rupa dan pertunjukan musik tradisional juga menjadi bagian dari kehidupan suku Sunda. Kesenian ini mencerminkan keindahan alam, kehidupan sehari-hari, dan mitologi lokal.

Kepercayaan Lokal

Selain menganut agama Islam, sebagian suku Sunda juga masih mempertahankan kepercayaan lokal dan tradisi spiritual yang terkait dengan kehidupan sehari-hari mereka.

© 2023 Informasi Suku di Indonesia. Hak Cipta Dilindungi.

Post a Comment

Previous Post Next Post